Asuransi Mobil, Perlu Atau Tidak?

Bagi sebagian orang, asuransi mobil tidak pernah dianggap penting dan hanya menjadi angin lalu saja. Padahal asuransi tersebut tidak ada bedanya dengan asuransi kesehatan, tidak ada yang tahu kapan bencana terjadi sehingga merusak mobil anda, tidak ada yang tahu kapan mobil anda rusak parah. Apalagi untuk mobil-mobil keluaran terbaru, biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya tidak bisa hanya mengeluarkan sedikit dana, pasti anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Walaupun begitu, masih sedikit orang yang menggunakan asuransi untuk kendaraannya. Biasanya hal tersebut terjadi karena mereka percaya dengan kemampuan mengemudi mereka, tidak akan terjadi hal apapun bahkan kecelakaan kecuali memang saat itu mereka sedang mendapatkan kejadian buruk. Sebagian lainnya menganggap bahwa klaim asuransi sangat sulit dilakukan, prosedurnya ada banyak dan terlalu berbelit-belit sehingga membuat mereka malas mengasuransikan mobil mereka.

Yang tidak pernah mereka pertimbangkan adalah berbagai manfaat yang akan didapatkan ketika mereka mengambil asuransi mobil. Bayangkan pada suatu ketika anda mengalami nasib buruk dimana anda diharuskan mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki mobil anda. Padahal saat itu kondisi keuangan anda sedang tidak baik, akhirnya mau tidak mau kerugian finansial keluarga tidak dapat dihindari. Contohnya saja kasus yang baru terjadi beberapa bulan belakangan ini. Dari atas jembatan layang terdapat beberapa orang tidak bertanggung jawab yang iseng melempari atau menjatuhkan batu-batu besar ke jalan raya yang ada di bawahnya. Tidak sedikit mobil yang mengalami kerusakan, mulai dari kaca yang pecah, atap mobil yang bolong, dan bahkan menimbulkan korban. Kejadian-kejadian seperti itu tentu tidak ada yang pernah menebak jika akan terjadi.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan asuransi mobil, bahkan lebih banyak manfaatnya daripada kerugiannya, jadi jangan ragu untuk mengasuransikan mobil anda. Penasaran? Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan.

  • Mengurangi beban pikiran
    Setidaknya dengan asuransi, anda tidak perlu was-was ketika menyetir mobil, karena ketika terjadi sesuatu pada mobil anda, anda tidak akan merasa takut, gelisah atau pun bingung. Apalagi ketika anda harus meninggalkan mobil saat rumah sedang kosong. Dengan mengasuransikan mobil anda, anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal-hal tersebut yang sebenarnya juga belum terjadi.
  • Mengurangi beban ekonomi
    Banyak yang menjadikan mobil sebagai patokan apakah seseorang memiliki harta yang berlimpah atau tidak. Padahal memiliki mobil belum tentu anda bergelimang harta, banyak orang yang mau tidak mau harus memiliki mobil karena tuntutan pekerjaan yang membutuhkan kendaraan. Ditengah keterbatasan, namun terjadi hal buruk menimpa mobil yang anda kendarai. Tentu anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki mobil anda selain biaya medis untuk mengobati anda. Hal seperti ini sering kali tidak dipertimbangkan ketika seseorang menolak untuk membeli asuransi mobil. Dengan adanya asuransi, anda seakan mendapatkan bantuan dari anda di masa lalu untuk meringankan biaya yang harus anda keluarkan di masa ini.
  • ¬†Menghindari Pengeluaran Tambahan
    Bencana alam seperti banjir, tsunami, gempa bumi termasuk longsor dan bahkan aksi demo yang berujung ricuh/ anarkis kerap kali membuat kendaraan-kendaraan menjadi rusak. Terutama pada aksi demo yang berakhir anarkis, mobil-mobil yang sedang diparkir di pinggir jalan menjadi luapan kemarahan para pendemo. Padahal tidak ada yang tahu mobil tersebut milik siapa. Ketika hal seperti ini terjadi, siapa yang harus menanggung biaya perbaikannya jika bukan pemilik mobilnya sendiri? Karena tidak ada yang tahu siapa yang merusakkan mobil karena tidak ada buktinya. Apabila harus memperbaiki mobil sendiri tentu biayanya sangat besar. Namun dengan asuransi mobil, sebagian atau bahkan keseluruhan biaya perbaikan bisa ditanggung oleh pihak asuransi.
  • Investasi
    Memiliki asuransi sama saja dengan memiliki investasi, mengapa begitu? Karena asuransi tidak hanya melindungi aset anda (mobil), namun juga menjadi salah satu wadah selain bank untuk menabung. Jadi dalam satu sarana anda sudah mendapatkan 2 hal yang berbeda namun keduanya sama-sama menguntungkan. Tidak berbeda jauh dengan asuransi kesehatan swasta, apabila anda ingin menghentikan asuransi milik anda maka premi-premi yang anda bayarkan selama ini bisa anda ambil, namun tentu saja dengan beberapa potongan tergantung dari masing-masing asuransi.

Jadi, apakah anda masih berpikir bahwa mengasuransikan kendaraan anda adalah hal yang sia-sia? Jangan sampai anda menolak tawaran asuransi secara mentah-mentah tanpa tahu berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan. Setidaknya pertimbangkan berbagai macam faktor dan anda bisa melakukan kalkulasi misalnya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam, kecelakaan, perusakan mobil dan kejadian lainnya. Apalagi di Indonesia banyak terjadi bencana alam, pencuri kendaraan, kecelakaan lalu lintas dan lain sebagainya, untuk mengurangi dampak buruk akibat hal tersebut, yang bisa anda lakukan adalah dengan mengasuransikan mobil anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *