Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai

Jika anda memiliki uang yang cukup dan anda menginginkan sebuah kendaraan seperti mobil, sebaiknya anda tidak perlu mengambilnya secara kredit. Intinya, jangan pernah tergoda akan kredit. Jika memang budget anda cukup untuk mobil standar, tidak apa yang penting anda membelinya secara tunai. Bagaimana cara membeli mobil secara tunai?

Pertama, anda tanya diri anda sendiri terlebih dahulu, mobil seperti apa yang anda inginkan. Kedua, cek berapa budget yang anda miliki dan anda sanggupi. Ketiga, carilah mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda dan sesuai dengan kemampuan anda juga. Misalnya sebagai contoh anda perlu mobil yang terlihat gagah, space besar dan kuat di segala medan seperti mobil Toyota Rush, kemudian anda mengalokasikan dana sekitar sekian ratus juta. Kemudian anda tinggal cari saja referensi harga mobil new Rush terbaru di Jakarta jika memang anda tinggal di Jakarta.

Berikut adalah beberapa keuntungan jika anda memebeli mobil secara tunai.

  1. Mudah diuangkan kembali: Secara langsung mobil mutlak menjadi milik si pembeli. Buktinya BPKB langsung diserahterimakan. Dengan demikian pada suatu waktu bila ada kebutuhan mendesak setelah membeli mobil tersebut, maka mobil bisa kembali diuangkan dan uangnya bisa dipergunakan.
  2. Tidak ada resiko suku bunga naik: suku bunga cicilan sangat bergantung pada suku bunga kredit yang semua diatur dari BI. Artinya jika pada suatu waktu terjadi peningkatan maka jumlah cicilan yang harus dibayarkan plus bunga jelas ikut membengkak.
  3. Biasanya aka nada diskon untuk pembayaran cash lunas: Pernahkan melakukan kalkulasi bahwa membeli secara kredit harganya jauh lebih mahal daripada membeli secara cash atau tunai? Coba Anda menghitung secara langsung pembelian secara kredit kemudian akumulasikan hasilnya jika dibandingkan dengan membeli mobil secara tunai. Hasilnya akan mengejutkan di mana membeli secara kredit jauh lebih mahal beberapa kali lipat bila dibandingkan dengan membeli mobil dengan tunai.
  4. Pembelian kredit akan melibatkan banyak biaya mulai dari biaya uang muka/DP, cicilan perbulan plus bunga, belum lagi penalti karena keterlambatan pembayaran perbulan yang bisa saja turut dalam akumulasi perhitungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *